Rabu, 24 Agustus 2016

Stereo Tool Untuk Broadcast FM

Stereo Tool Untuk Broadcast FM

Bagi yang hobi dengerin musik, kualitas sound atau audio pasti diperhatikan. Bagi pemilik PC atau laptop, banyak aplikasi audio prosesor yang ada di internet. Salah satunya adalah Stereo Tool, sebenarnya ada banyak lagi selain stereo Tool. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit review dari Plug-in winamp tersebut utuk broadcast di FM atau hanya sekedar untuk dengerin musik lewat speaker.
Berikut tampilan stereo Tool.
Stereo Tool Untuk Broadcast FM

 Pada tampilan di atas, tampak tampilan awal dari stereo tool tersebut, terlihat banyak fitur didalamnya. Kita bisa mengaktifkan semua fitur tersebut, eeiiittt…. Tapi,.. ada tapinya, semakin kita mengaktifkan banyak fitur, semakin besar/berat prosesor bekerja. Hal ini disebabkan karena stereo tool ini merupakan audio prosesor yang mengutamakan kualitas audio.
Disini stereo tool ini saya gunakan untuk broadcast FM, terlihat pada gambar diatas yang dicentang hanya beberapa saja, dan ada beberapa yang disable. Hal ini untuk menghindari penggunaan prosesor yang besar agar PC/laptop tidak terlalu berat kerjanya.

Stereo Tool Untuk Broadcast FM

Fitur yang menjadi andalan saya di stereo tool ini adalah AGC (Automatic Gain Control) seperti tampilan di atas ini. Lhoo.. kok bisa AGC jadi andalan?? Yupp.. AGC ini yang mengatur tinggi rendahnya volume audio secara otomatis sehingga output suara menjadi stabil (tentunya disetting dengan tepat / sesuai dengan keinginan kita). Kenapa AGC ini dibutuhkan?? Karena setiap rekaman lagu itu berbeda-beda level suaranya, apalagi sudah kompresan menjadi mp3. Nah, AGC inilah yang menstabilkan level volume sehingga suara output menjadi stabil pada setiap lagu.
Stereo Tool Untuk Broadcast FM


Tampilan di atas ini adalah fitur dari processing, di dalamnya terdapat fitur-fitur di antaranya: Natural Dynamics, Phase Rotation, AGC, Stereo, Equalizer, True Bass, Multiband, Multiband 2, Bandpass, Bass Boost, Singleband, dan Limiting & Clippers. Anda bisa men-settingnya sesuai selera.
Stereo Tool Untuk Broadcast FM

Karena stereo tool ini digunakan untuk broadcast FM, maka fitur RDS diaktifkan. RDS sendiri singkatan dari Radio Data System. Dimana kita bisa mengirimkan informasi berupa teks (nama radio dan Informasi lainnya) melalui sinyal radio, tentunya hal ini bisa dibaca pada radio yang sudah ada RDS nya. Contoh di HP android sekarang sudah ada radio dengan aplikasi RDS.
Pada tampilan diatas kita juga bisa men-setting RDS sesuai Selera kita. Contoh:
1.    RDS Ps text, kita bisa mengisinya dengan pesan singkat.


2.    RDS radio Text, kita bisa mengisinya dengan nama radio itu sendiri.
Stereo Tool Untuk Broadcast FM

 Tampilan diatas adalah preset setting dari stereo tool itu sendiri, apabila kita kesulitan dalam men-settingnya / kurang pas suara yang dihasilkan, kita bisa mengacu pada preset setting diatas, tinggal pilih dan sesuaikan dengan keinginan kita lalu kita juga bisa meng-editnya sendiri dan di save.
Untuk kelemahan stereo tool ini hanya penggunaan prosesor saja yang cukup besar, sehingga PC / laptop yang speknya kurang memadai akan mejadikannya lemot dan prosesor jadi cepat panas.
Demikian ulasan singkat penggunaan stereo tool untuk broadcast FM, tidak saya bahas satu per satu karena tidak akan kelar satu minggu… hehehehe… jadi yang saya bahas hanya bagian penting yang di gunakan saja.

2 komentar:

  1. terimakasih ilmunya, saya juga memakai stereo tool untuk radio fm saya, tp sy masih blm faham bagaimana cara pengoperasiannya, karena biasanya di kerjakan tehnisi.. boleh bagi lg nanti ilmu nya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya untuk seting stereo tool ini cukup mudah, cm kalo salah setingnya bisa bikin audio/suaranya jd kacau. Cukup setingan dasar saja sebenarnya sudah bagus.
      Thanks sudah mampir diblog ini.🙏

      Hapus