Jumat, 26 Agustus 2016

ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM



ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM

Yap.. kali ini saya akan mencoba membuat atena j-pole untuk broadcast-an di radio FM. Menurut para pakar antenna di dunia per-on air-an,, welllehh… antenna ini cukup mumpuni untuk membuang (emang sampah??) sinyal radio dari pemancar. Karakter dari antenna ini mempunyai gain yang cukup besar, tepatnya saya lupa… hehehehe……….
Langsung saja kita liat skemanya
Skema J Pole

Gambar nyomot dulu dari gugel.
Gambar di atas adalah skema antenna super j-pole yg sudah di kasih match ditengah2nya, jadi namanya j-match… walaahhh… ngawur tenan analisane… hahahaha….
Sebenarnya untuk membikin atena ini ada rumus perhitungannya, yaitu untuk panjangnya berapa? Digunakan di frekuensi berapa? Spasi antar elemennya berapa? Dan masih banyak lagi. Daripada pusing2 mikirin rumus, search aja di gugel untuk rumus atena ini, namanya “j-pole calculator”. Nah,, disana nanti kita tinggal masukin frekuensi yg akan kita gunakan, tinggal pencet, nongolah ukuran yg akan kita buat untuk atena j-pole ini. (ga usah mumet2 dab)
ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM

Gambar di atas adalah gambar asli dari saya (ga nyomot di gugel lhoo..). antenna tsb adalah j-pole untuk penerima FM yg saya beli di toko elektronik daerah saya seharga 25 ribu, dan tinggal satu2nya pula. Ga tau kalau di daerah anda , ada yg jual ga atena ini..?? hehehehee….
Antenna di atas tsb nantinya saya modif lagi ukurannya untuk digunakan dipemancar FM (88.9 MHz). Oya, menurut j-pole calculator untuk frek. 88.9 MHz adalah:
-          Panjang elemen utama (panjang) : 241,7 cm.
-          Panjang elemen kedua (pendek): 80,2 cm.
-          Jarak antar elemen : 7,6 cm.
-          Matching section/feed point : 7,9 cm.
Berikut gambar antenna j-pole yg sudah saya modif
ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM


ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM

Sorry, fotonya sudah kepasang di atas genteng, lupa mau foto pas di bawah, soalnya keburu2 mau maghrib… heheheee…..
Upsss… hampir lupa. Untuk lebih memaksimalkan antenna ini, sebaiknya di tuning lagi menggunakan SWR hingga matching, caranya menggeser feed point ke atas/bawah hingga ketemu SWR terendah. SWR terendah yaitu antara 1:1,1 atau 1:1,2, kalau bisa 1:1 lebih bagus.

UPDATE!!!
Mumpung tadi siang atena lagi di turunin buat diganti tiang pancangnya. berikut foto2 tambahannya.

ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM
ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM
ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM
ANTENA J-POLE UNTUK BROADCAST FM


Semoga membantu dan mencerahkan yg masih pada bingung, atau malah jadi tambah bingung ya…. Xixixixiixixi….




1 komentar: