Jumat, 26 Agustus 2016

BLENDung FM 88.9 MHz



BLENDung FM 88.9 MHz

Berawal dari sebuah hobi elektronik, merembet sampe nguplek2 radio FM tuner sekitar tahun 90an. Waktu itu sering denger orang ngebrik di radio FM pada frekuensi 88 MHz kebawah. Pada saat itu timbul keinginan untuk membikin brik sendiri. Kebetulan saat itu ada temen SMK yg ngerti tentang brik tsb dan sudah punya brik FM juga. Akhirnya, Tanya ke dia, berapa duit sampe jadinya (maklum dulu masih kantong pelajar). Singkat cerita, jadilah brik FM saya yg saat itu masih sederhana (bisa buat lokalan saja), saya pikir udah lumayanlah bisa ngebrik sambil ngumpulin kocek buat nebus transistor final yg lebih besaran lagi wattnya. Oya, waktu itu hanya menggunakan final c1971 saja dengan harga saat itu masih 15an ribu. Lumayanlah bisa mencakup Wonosobo, Magelang, dan sekitarnya (tempat saya Purworejo).
Singkat cerita lagi, sampai saat ini brik FM saya masih ada dan masih utuh, karena dulu pas saya tinggal merantau ke Jakarta, brik tsb disimpan di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Hehehehee…. Hingga saat ini saya sudah males untuk brik2an di FM, ga tau kenapa, mungkin udah tua kali yee…
Dari pada brik tsb nganggur, akhirnya saya punya ide buat broadcast-an. Yahh,, itung2 buat ngehibur warga sini. Bermodalkan 1 laptop, osilator PLL stereo, pemancar, kabel RG58, dan antenna J-Pole (tadinya vertical 5/8 lambda), jadilah studio broadcast.  Ya studio broadcast aja sementara belum ada siarannya. Hehehee…
BLENDung FM 88.9 MHz

Pemancar broadcast ini hanya pake final c1971 bekas ngebrik dulu (mungkin hanya keluar 3-5 watt saja). Sedangkan osilator menggunakan PLL stereo BH1417F yg saya beli dari toko online seharga 150 ribu. Kenapa saya pake PLL tsb, tidak bikin sendiri saja osilatornya? Ya, semua itu karena kesetabilan sinyal (tidak geser) dan sudah ada encoder stereonya, sehingga lebih mantab kualitas audionya apalagi dipadukan dengan Stereo Tool (plug-in winamp) jadi seperti radio resmi saja. Hehehehe…..
BLENDung FM 88.9 MHz

Oya, kenapa kok namanya BLENDung FM, nama Blendung sendiri adalah dari nama sebuah desa yaitu di Kecamatan Purwodadi dan Kabupatennya Purworejo (wah… cah purworejo kie lek..). Dari pada bingung2 bikin nama yg keren mendingan nama desa sendiri aja deh… heheheee….
BLENDung FM 88.9 MHz

Sekian dulu deh, semoga bermanfaat dan menambah referensi anda

1 komentar:

  1. Wahh... Jd kepengen maen brik di radio fm, dulu wkt ane lg piknik ke puncak bogor, sempet bw radio monitor org sana lg ngebrik .. Jd penasaran pengen punya radio brik. Akhirnya nyari sana sini, skrg punya pll fm, tp ga ada musuhnya hehehe... Ane skrg tinggal di Tangerang sambil muter2 potensio meter siapa tau ada yg lg ngebrik ato brodcas

    BalasHapus