Rabu, 31 Agustus 2016

Cara Setting RDS Agar Tampil Di Radio



Cara Setting RDS Agar Tampil Di Radio

RDS atau Radio Data System adalah suatu pesan data berupa teks atau pesan singkat yang dikirimkan melalui sinyal radio, yang nantinya akan diterjemahkan oleh penerima radio, tentunya radio tsb sudah mengaplikasikan RDS, sehingga pesan tsb bisa terbaca di layar radio tsb. RDS sendiri bermacam-macam, diantaranya:
-          RDS ps Text, yaitu untuk mengirimkan pesan teks berupa pesan singkat.
-          RDS radio text, yaitu untuk mengirimkan pesan teks berupa nama radio tsb.
-          RDS PI, yaitu RDS Program Identification, untuk mengitentifikasi nama program radio tsb.
-          RDS PTY, yaitu untuk mengidentifikasi program acara pada radio tsb.
-          Dan masih banyak lagi.
Disini kita akan membahas RDS yang berupa software PC/laptop yang nantinya akan di umpankan ke input pemancar stereo, untuk pemancar mono saya belum mencoba (karena berhasil dipemancar stereo). Software RDS yang digunakan pun beragam, terutama untuk system operasi windows. Berikut contoh RDS yang biasa digunakan adalah RDS Stereo Tool, Airomate, JMPX, dll.

Cara Setting RDS Agar Tampil Di Radio
Nah, untuk PC/laptop yang akan digunakan pun harus mendukung agar RDS bisa berjalan normal, yaitu dengan cara melihat soundcard yang kita pakai. Soundcard yang mendukung aplikasi RDS ini adalah soundcard yang mempunyai bit rate 16 bit, 192 kHz.
Cara melihat bit rate soundcard yang dipakai dengan cara klik Control Panel > Sound > pilih HeadPhone > Properties > Tab Advanced, kita lihat di default formatnya. Jika belum mengarah ke 2 channel, 16 bit, 192000 Hz(Studio Quality), arahkan saja dengan cara klik tanda panah kebawah seperti gambar di bawah ini, lalu klik OK.

Cara Setting RDS Agar Tampil Di Radio
Semoga membantu dan bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar